Penerima Beasiswa Jabar 2008 yang Belum Ambil Beasiswa

E-mail Print PDF

Berikut ini adalah daftar mahasiswa penerima Beasiswa Jabar 2008 yang belum mengambil beasiswanya :

penerimajabar2008belumambil.pdf

Demi kelancaran aliran dana beasiswa, diharapkan mahasiswa dalam daftar tersebut segera mengambil dana beasiswanya di Direktorat Keuangan UI, Gedung Rektorat lantai 4 dengan Ibu Sarra Nurrita pada hari dan jam kerja pelayanan mahasiswa.

 

Jadwal Psikotes Beasiswa Tanoto Foundation

E-mail Print PDF

Jadwal pelaksanaan psikotest seleksi beasiswa TANOTO Foundation 2009/2010 akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal : Sabtu, 21 Maret 2009
Waktu : pukul 08.00 – selesai
Tempat : Gedung M lantai 3 FISIP UI Depok

Berikut ini adalah tata tertib yang harus dipenuhi untuk mengikuti psikotest TANOTO Foundation :

Read more...
 

Program Kreativitas Mahasiswa 2010

E-mail Print PDF

L
ulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill dan  communication skill. Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme ke empatnya akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistik, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Oleh karena, kreativitas merupakan jelmaan integratif 3 (tiga) faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, pesepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I).

Sejak Januari 2009, DP2M mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasis  wa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DP2M. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada Jurnal Ilmiah. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusi  kan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

Informasi lengkap Program Kreativitas Mahasiswa 2010 :

pkm2010.pdf

 

Website Organisasi Kemahasiswaan

E-mail Print PDF

Mulai tahun 2009 ini setiap organisasi kemahasiswaan di UI diwajibkan untuk memiliki website dengan domain ui.ac.id. Oleh karena itu, bagi organisasi kemahasiswaan yang belum memiliki website atau sudah memiliki website dengan domain selain ui.ac.id, diharapkan segera mengurus pembuatan website baru di bawah domain ui.ac.id.

Prosedur pengurusan website:

  • Mengisi formulir pendaftaran webhosting. Silakan download formulir dari website ppsi di sini
    ataw dari mirror link di sini
  • Menyerahkan formulir disertai fotokopi SK organisasi ke pihak PPSI di Fasilkom*

* bagi yang belum mengurus SK tahun 2009, diharapkan segera mengurus ke Kemahasiswaan UI

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi online support via ym: beasiswaui

 

Penawaran Beasiswa PPA-BBM 2009-2010

E-mail Print PDF

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan DIPA UI  tahun anggaran 2009, maka  Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) & Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM) kembali ditawarkan. Besar beasiswa ini adalah Rp. 250.000,-/bulan/mahasiswa. Mahasiswa hanya diperbolehkan mendaftar untuk salah satu dari beasiswa tersebut.

Pengajuan berkas di fakultas masing-masing paling lambat tanggal 24 Maret 2009.

Persyaratan yang harus dipenuhi :

  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif, diprioritaskan untuk mahasiswa angkatan 2008, 2007 dan 2006 yang sedang menyelesaikan  skripsi  serta belum lulus/wisuda bulan September 2008.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi manapun
  • Diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu
  • Melampirkan foto kopi Kartu Mahasiswa
  • Melampirkan foto kopi Kartu Keluarga
  • Melampirkan slip penghasilan orang tua
  • Melampirkan DNS Terakhir (IPK/IPM> 2,5) untuk BBM dan (IPK/IPM> 3.00) untuk PPA
  • Harus melampirkan foto copy nomor rekening atas nama mahasiswa penerima (tidak diwakilkan)
  • Mengisi formulir yang sudah disediakan

Beasiswa ini didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi http://www.dikti.go.id/

 

Laporan Kemahasiswaan UI Tahun 2008

E-mail Print PDF

Dokumen dalam bentuk PDF bisa di download di bawah ini:

laporankemahasiswaan2009.pdf

 


Page 84 of 88

Info Bus Kampus

Setiap pengajuan beasiswa yang melalui pihak UI wajib dilengkapi dengan Form Umum Beasiswa UI. Form ini bisa didapatkan di KESMA BEM fakultas, Dekanat Fakultas, dan bisa di-download di bawah ini.



getadobereader
getadobeflashplayer

Statistik

Content View Hits : 3240223